Kata Siapa Menabung Jadi Susah Saat Kuliah S2?

Kata Siapa Menabung Jadi Susah Saat Kuliah S2? - Mengambil program master atau S2 memang jadi impian banyak orang. Hanya saja tidak sedikit yang justru merasa berat untuk kuliah lagi.

Kata Siapa Menabung Jadi Susah Saat Kuliah S2?


Banyak pertimbangan yang dipikirkan. Selain karena waktu, banyak orang juga memikirkan biaya.

Ya, mereka yang mengambil S2 rata-rata memang yang sudah bekerja. Hal inilah yang membuat mereka sulit membagi waktu.


Belum lagi masalah dana. Banyak yang khawatir tidak bisa menabung atau investasi untuk masa depan karena uangnya takut habis untuk kebutuhan kuliah.

Namun pemikiran tersebut sebenarnya kurang tepat. Ada banyak cara agar investasi tetap bisa dilakukan meski kamu kerja sambil kuliah. Yuk simak tips berikut.

Alokasi sebagian penghasilan

Disiplinlah membuat alokasi tetap dari penghasilan. Lakukan dari sekarang agar kamu bisa lebih cepat terbiasa.

Ini merupakan salah satu langkah dasar membentuk tabungan, baik untuk dana darurat maupun pensiun. Idealnya, sisihkan 10-20 persen per bulan. Bila bisa lebih, tentu akan lebih baik.

Manfaatkan tabungan berencana seperti Tahapan Berjangka di BCA. Dengan sistem autodebet, kamu bisa lebih disiplin tanpa khawatir uang habis duluan.


Cari beasiswa

Salah satu cara memangkas biaya kuliah ada melalui beasiswa s1. Namun, beasiswa tak mudah diperoleh semua orang dan tak semua kampus menyediakan beasiswa penuh.

Sebagian beasiswa s1 hanya memotong sebagian uang kuliah dan kamu tetap harus menyiapkan sisanya. Namun ini akan membantu.

Hidup hemat

Untuk menambah tabungan, lakukan pemotongan pengeluaran. Mulai dengan mencari alternatif dari segala gaya hidup yang kamu punya. Misalnya https://express.yudu.com/library/1127030/beasiswas1-s-Library, tadinya kamu suka minum kopi di kafe, sekarang kamu bisa membiasakan diri dengan menyeduh sendiri. Ke kafe bisa menjadi kegiatan sesekali.

Pertahankan kinerja di kantor

Insentif maupun kenaikan gaji terkait erat dengan kinerja. Usahakan tetap bekerja dengan profesional dan produktif untuk memastikannya. Bila hal tersebut bisa kamu jaga, saat kamu lulus nanti, perusahaan bisa memberi penghargaan berupa promosi dan kenaikan gaji karena kualitasmu.


Rintis usaha sampingan

Langkah terakhir adalah dengan menambah sumber pemasukan. Caranya, buka usaha sampingan yang hanya butuh modal kecil, seperti katering atau membuka jasa lainnya. Bisnis ini ada yang butuh modal, ada yang tidak.

Jadi, kreatiflah mencari peluang yang sesuai denganmu Kata Siapa Menabung Jadi Susah Saat Kuliah S2?.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »