Manfaat Fly Ash Dan Komposisi Fly Ash

Fly ash atau abu terbang adalah bahan tambahan adukan (mortar) beton semen untuk mendapatkan kualitas beton yang tinggi dan ekonomis. Bahan bangunan fly ash dapat digunakan baik untuk pembuatan campuran agregat beton (ready mix), bahan tambahan paving block, mortar, batako. Sebagai bahan tambah beton, fly ash Jasa Pengecoran dinilai dapat meningkatkan kualitas beton dalam hal kekuatan, kekedapan air, dan ketahanan terhadap sulfat dan kemudahan dalam hal pengerjaan.

Manfaat Fly Ash Dan Komposisi Fly Ash

Fly ash atau abu terbang mempunyai bentuk butiran partikel sangat halus sehingga dapat menjadi pengisi rongga-rongga (filler) dalam beton sehingga mampu meningkatkan kekuatan beton Ready Mix dan menambah kekedapan beton terhadap air serta mempunyai keunggulan dapat mencegah keretakan halus (crack) pada permukaan beton. Hal ini dikarenakan fly ash maupun semen mempunyai kesamaan unsur-unsur bahan ikat yang mempunyai bahan penyusun utama yaitu silikon dioksida (SiO2), aluminium oksida (Al2O3) dan ferrum oksida (Fe2O3). 

Oksida-oksida tersebut dapat bereaksi dengan kapur bebas yang dilepaskan semen. Ketika bereaksi dengan air sehingga menjadikan senyawa kalsium silikiat hidrat (CSH) yang dibutuhkan meningkatkan kekuatan beton dan menambah ketahanan terhadap ion-ion sulfat serta dapat menurunkan panas hidrasi semen. Dengan pemanfaatan fly ash 15% - 30% terhadap berat semen, maka jumlah semen akan berkurang secara signifikan dan menambah kuat tekan beton. Pengurangan jumlah semen dapat menurunkan biaya material sehingga efisiensi dapat ditingkatkan.

Namun penggunaan fly ash ini tidak bisa dikerjakan secara sembarangan. Sebab jika penambahan fly ash terlalu banyak maka mutu dari beton tersebut justru akan turun. Maka dari itu diperlukan takaran yang pas untuk penambahan fly ash kedalam racikan beton yang disesuaikan dengan kondisi bangunan yang diinginkan.

Manfaat fly ash (abu terbang) sebagai bahan bangunan :
  • Baik untuk campuran agregat beton (Harga Ready Mix)
  • Bahan campuran pembuatan genteng beton, paving block, batako dan sebagainya
  • Untuk campuran mortar (adukan luluh), pasangan batu pondasi, bata merah dan batako
  • Untuk campuran mortar pasangan keramik dan benangan
  • Untuk campuran mortar plesteran, perataan lantai dan acian.
Perkiraan komposisi penggunaan fly ash (berat semen 40kg/zak):
  • Untuk campuran mortar beton cor (lantai dak, sloof, kolom) Komposisi : Perbandingan adonan adalah 70% semen (28kg) : 30% fly ash (12kg).
  • Untuk pasangan keramik, benangan dan acian Komposisi : Perbandingan adalah 50% semen (20kg) : 50% fly ash (20kg).
  • Untuk pasangan batu pondasi Komposisi : Perbandingan adalah 40% semen (16kg) : 60% fly ash (24kg).
  • Untuk pasangan bata merah atau batako Komposisi : satu zak fly ash (30kg) dicampur dengan 10-12 keranjang pasir ditambah dengan semen secukupnya yang disesuaikan dengan kondisi bangunan yang diinginkan.
 Itulah sedikit informasi mengenai Manfaat Fly Ash Dan Komposisi Fly Ash yang bisa admin share. Semoga bermanfaat

View : http://catatanbloggeramatir.edublogs.org/2017/09/03/pengertian-beton-ready-mix-dan-spesifikasinya/

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »